Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad melakukan Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 melalui video teleconference dengan Gubernur dan Bupati/ Walikota se-Provinsi Lampung di ruang rapat Kantor Bupati, Panaragan, Jumat (03/04). Umar didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, perwakilan Dandim 0412 LU, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba.

Pada kesempatan itu Umar Ahmad menyampaikan data terupdate yakni data pendatang di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang sudah masuk 2.033 orang dan mereka telah disarankan untuk melakukan isolasi secara mandiri. Jumlah ODP di Tubaba adalah 35, PDP tidak ada, Positif COVID-19 tidak ada, dan pasien yang meninggal juga tidak ada.

Dijelaskan juga oleh Umar, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat telah mempersiapkan realokasi dan refocussing anggaran, yang pertama untuk terkait anggaran keselamatan dan kesehatan, dimana Pemkab. Tubaba telah menganggarkan sekitar Rp 6 Miliar yang sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan, dan juga disesuaikan dengan petunjuk-petunjuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Selanjutnya yang kedua, Pemkab Tubaba juga mengalokasikan anggaran terkait dampak sosial. “Kita harapkan dengan anggaran ini dapat melakukan disiplin sosial sebagaimana harapan kita semua, anggarannya berjumlah 14 miliar rupiah, dan kita sebagai tambahannya telah mengajukan kepada kementerian sosial, dan ini kita gunakan untuk pemberian langsung tunai, pemberian sembako, dan lain-lain.

Kemudian yang ketiga, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat juga mengalokasikan anggaran untuk pengawasan dan monitoring. ***